Integrasi Antar Aplikasi Office

 

Integrasi Antar Aplikasi Office


Integrasi adalah adanya saling keterkaitan antar sub-sistem sehingga data dari satu sistem secara rutin dapat melintas menuju atau diambil oleh satu atau lebih sistem yang lain. 

Sistem terintegrasi (integrated system) merupakan sebuah rangkaian proses untuk menghubungkan beberapa sistem-sistem komputerisasi dan software aplikasi baik seara fisik maupun secara fungsional. 

Integrasi aplikasi office bertujuan untuk menggabungkan aplikasi lain dalam satu aplikasi. Contohnya, pada aplikasi microsoft office yakni Ms. Excel digbungkan dalam satu lembar kerja Ms. Word atau dalam satu slide show Ms. Powerpoint. 



Integrasi dibagi menjadi dua yaitu:

  1. Integrasi data adalah proses menggabungkan atau menyatukan data yang berasal dari sumber yang berbeda dan dilakukan untuk mendukung manajeman informasi serta mendukung pengolahan data menjadi informasi yang lebih baik atau lebih sempurna. 
  2. Integrasi sistem (integrated system) adalah proses untuk menghubungkan beberapa sistem komputasional dan software aplikasi, baik secara fisik maupun fungsional
Manfaat integrasi adalah 
  1. Sebagai sumber utama yang memungkinkan seluruh data berada di satu sistem yang selalu diperbaharui tanpa peduli subsitusi atau sistem mana yang melakukan pembaharuan.
  2. Database tertata rapi dapat memudahkan kita untuk menemukan data atau informasi yang lebih cepat.
  3. User interface yang konsisten, dengan menggunakan single platform yang mengintegrasikan seluruh sistem. Maka, kita dapat memastikan komputer yang terhubug dengan sistem integrasi memiliki sistem interface yang sama.
Integrasi pada Ms. Office
  • Microsoft Word: biasa digunakan untuk membuat sebuah dokumen yang berhubungan dengan surat-menyurat. Aplikasi ini digunakan untuk pengolahan kata.
  • Microsoft Excel: digunakan untuk membuat dokumen pengolahan angka, pemberian nilai pada siswa, pengajian dan beberapa pekerjaan lain yang berhubung dengan anga. 
  • Microsoft Powerpoint: aplikasi yang digunakan untuk kegiatan presentasi.
Contoh integrasi pada aplikasi Ms. Office
  1. Membuat table of content pada Ms. Word 
  2. Linking and embed pada aplikasi Ms. Office 
  3. Membuat surat massal pada Ms. Word dengan menggunakan database yang ada pada Ms. Excel atau Ms. Access
  4. Memuat grafik pada aplikasi Ms. Office
Sumber: 

Comments

Popular Posts